Bunda Selalu Melihat


Sebuah pengalaman kecil yang saya alami minggu lalu membuat saya merasa disapa Bunda Maria. Hari itu Sabtu, 20 Juni 2020 sehari setelah perayaan Hati Yesus yang Maha Kudus, kita merayakan Pesta Hati Tersuci Perawan Maria. Saya bangun kesiangan dan baru ingat kalau ada perayaan itu.

Dalam hati kecil, saya ingin merayakannya dalam Ekaristi Kudus. Tapi karena itu Hari Sabtu kelihatannya tidak mungkin. Sudah lewat jamnya. Berdasarkan pengalaman berkali-kali misa online, Hari Sabtu sore biasanya sudah Perayaan Ekaristi untuk Hari Minggu. Maka, Sabtu sore itu kami sudah siap seperti biasa hendak misa online untuk Hari Minggu.

Tanpa diduga ternyata beberapa keuskupan melakukan perubahan jadwal, seperti misalnya Keuskupan Purwokerto yang menjadi salah satu langganan kami untuk ikut misa mengubah jadwal misa lebih awal dari yang biasanya jam 18.00 menjadi jam 17.00 WIB. Padahal kami saat itu stand by jam 17.30-an.

Beberapa kali mencari channel yang menyiarkan misa untuk Hari Minggu kok nggak ketemu. Ada satu yang mau kami buka karena kebetulan jam 18.00 mau misa, yakni Paroki Santo Barnabas Pamulang. Tapi kok hati bergerak ke arah lain. Waktu itu kami juga membuka channel Youtube Komsos Keuskupan Tanjungkarang.

Dan, ternyata di judul disebut Misa Sabtu Biasa XI, PW Hati Tersuci SP Maria, 20 Juni 2020 pkl 18.00 WIB, Kapel Rumah Uskup. Saya buka dan ikuti saja. Ternyata itu misa bukan untuk Hari Minggu, melainkan Hari Sabtu. Saya akhirnya merayakan ekaristi di channel itu sampai selesai. Dalam hati saya heran, nggak biasanya ada ekaristi Sabtu dirayakan sore hari. Tapi ini kok ada ya, tanya saya.

Kepada istri saya bilang persis yang saya ceritakan ini.”Saya kok merasa Bunda Maria ingin saya merayakan Pesta Hatinya yang Tersuci, ya,”ujar saya ke istri. Dan, saat itu saya merasa Bunda selalu melihat saya meski sering bertanya Bunda ada dimana.

Abdi Susanto
27/06/2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s