Isu PKI, Siapa Sasarannya?


Isu munculnya PKI kembali meruak. Kali ini oleh mantan Kepala Staf Komando Strategis Angkatan Darat Mayor Jenderal Purnawirawan TNI (Purn) Kivlan Zein.

Menurut Kivlan, orangnya sempat melihat simbol PKI di kaus salah satu pengunjung acara bertajuk ‘Asik Asik Aksi’ di gedung YLBHI (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia), Senin, 19/9. Lain dari itu, mereka mengaku mendengar lagu “Genjer-genjer” yang diidentikkan dengan gerakan 30 September.

Ketua YLBHI Bidang Advokasi, Muhammad Isnur membantah semua itu. Kaus yang dipakai bukan gambar Karl Max melainkan tokoh anarkis Rusia Mikahil Bakunin dan tidak ada lagu “Genjer-genjer” melainkan lagu Redemption Song punya Bob Marley.

Kapolda Metro Jaya Idham Azis menyebut, massa yang menyerang dan merusak kantor YLBHI terpancing kabar bohong yang viral alias hoaks. Kapolda menyebut tidak ada acara berbau kebangkitan PKI seperti yang dituduhkan. Meski demikian, Kivlan bersikukuh acara yang digelar YLBHI dengan keluarga korban G30 S/PKI bukan kabar bohong.

Pernyataan mantan jenderal ini dianggap mengada-ada dan tidak berdasar. Apa yang diucapkan hanya menimbulkan kekisruhan dan menakut-nakuti meskipun masyarakat terutama anak-anak muda tidak takut. Mereka malah menertawakan.

Justru di laman-laman media sosial banyak yang memasang akun dengan kata-kata : Aku PKI (Penikmat Kopi Indonesia), Saya Pendukung PKI (Pecinta Kopi Indonesia), Bukan Sekadar PKI, Pekerja Keras Indonesia.

Yang lain memunculkan meme lucu-lucu terkait PKI. Salah satu meme menggambarkan bentuk palu arit logo PKI tapi dibuat dari bawang merah dan cabai dengan ujaran “Ini cuma cabe sama bawang merah kok, yakin deh.” Meme lain yang juga tak kalah lucu menggambarkan seorang polisi sedang menggertak seorang pria kurus sedang buang air besar di toilet sambil berteriak “Aha ketahuan boker Anda, ada sayur genjernya! Makanan komunis! Anda saya amankan.”

Yang lebih parah lagi, salah satu adegan rapat dalam film G/30 S PKI garapan Arifin C Noer diganti dialognya dengan perbicangan lucu dan tidak nyambung. Satu kalli ngomong bau badan, yang lain ngomong sawah dan presiden. Karena memang asal buat untuk sekadar lucu-lucuan. OPINI.Id bahkan membuat dialog tentang rencana perebutan kembali artis Raisa (yang telah dinikahi Hamish Daud) sebagai ganti dialog.

Partai Komunis memang sudah tak laku lagi. Bahkan Cina pun yang masih menggunakan ideologi komunis terkesan banci karena sistem ekonominya mengadopsi ekonomi liberal. Sementara Kuba meski berpaham komunis tidak kelihatan mengalami kemajuan secara ekonomi selama di tangan Fidel Castro dan penerusnya hingga kini.

Jadi, seperti yang disampaikan Ulama dan Tokoh Intelektual Syafii Maarif, memunculkan isu PKI itu seperti mimpi di siang bolong. Minim sekali negara modern yang tertarik dengan paham ini.

Digoreng

Isu PKI tampaknya sengaja digoreng. Arahnya Presiden Jokowi dan partainya. Faktanya, saat bertemu dengan pimpinan media 17/5, Jokowi dengan jengkel menjelaskan dirinya tidak mungkin terkait dengan PKI menanggapi banyaknya berita palsu tentang dirinya yang menyebutkan orang tuanya anggota PKI.

Bahkan sastrawan Taufik Ismail menilai kondisi Indonesia pada tahun ketiga Presiden Joko Widodo memerintah, seperti situasi kebangkitan Partai Komunis Indonesia.

Nyatanya isu PKI sanggup menjatuhkan Rano Karno yang berpasangan dengan Embay Mulya Syarief (Golkar) pada Pilgub Banten Februari lalu. Isu yang diembuskan menyebutkan PDI Perjuangan terkait dengan PKI.

Rasanya ungkapan Waketum Gerindra yang menyamakan PDI Perjuangan dengan PKI bukan tidak sengaja meski pihak Gerindra sendiri menegur FX Arif Poyuono dan Arif sudah minta maaf. Kampanye hitam tampaknya sudah dikibarkan demi menjatuhkan petahana, Presiden Jokowi dan partainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s